Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Cegah Penyakit ISPA, Puskesmas Cimanggis Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

JD 02 - berita depok
Jumat, 27 Januari 2023, 14:22 WIB
Informasi edukasi penyakit ISPA dari UPTD Puskesmas Cimanggis. (Foto: Tangkapan Layar).

berita.depok.go.id- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimanggis mengajak masyarakat untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mengonsumsi makanan gizi seimbang, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menghindari asap rokok, serta vaksinasi.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herliana mengatakan, ajakan tersebut dilakukan dengan memberikan edukasi melalui media sosial. Selain itu juga secara langsung melalui pelayanan di Puskesmas.

"Kami berikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus membiasakan diri hidup bersih dan memenuhi gizi seimbang agar terhindar dari penyakit ISPA," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (27/01/23).

Lina menambahkan, masyarakat dapat mengenali gejala ISPA. Yaitu, batuk, pilek, demam, hingga sesak nafas.

Dikatakannya, jika mengalami gejala ISPA, terdapat beberapa langkah yang dapat melakukan. Jika mengalami batuk pilek ringan, istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan sistem imun.

"Kemudian, kalau merasakan batuk dan pilek berat disertai demam hingga sesak nafas segera konsultasi ke dokter. Yuk, cegah ISPA dengan PHBS agar terhindar paparan virus dan bakteri penyebab ISPA," pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD03)