Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Cegah ISPA Saat Kemarau, Masyarakat Diminta Terapkan PHBS

admin - berita depok
Senin, 15 Juli 2019, 11:56 WIB

depok.go.id – Masyarakat Kota Depok diminta terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penerapan PHBS tersebut sebagai upaya dalam mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang kerap terjadi pada musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, penyakit ISPA merupakan salah satu yang mendominasi saat memasuki musim kemarau. Karena itu, saat musim kemarau masyarakat harus tetap memperhatikan keadaan sekitar.

“ISPA menjadi penyakit yang kerap diderita masyarakat saat musim kemarau. Jadi harus tetap waspada,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakannya, ISPA dapat  menyerang seluruh kalangan usia, mulai bayi hingga usia lanjut (lansia). Pasalnya, penyakit tersebut menyerang pernapasan yang disebabkan oleh debu yang meningkat saat musim kemarau.

Untuk itu, dalam upaya pencegahan penyakit ISPA, masyarakat diminta agar menjaga kebersihan makanan dan melakukan cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengonsumsi makanan. Selain juga mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan olahraga secara teratur.

“PHBS ini penting, agar tubuh kita tetap sehat dan lingkungan juga bersih terjaga,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo