Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Catat! Tanggal Acara Lebaran Depok 2023 di Bojongsari, Dari Ngubek Empang, hingga Nyedengin Baju

JD09 - berita depok
Minggu, 14 Mei 2023, 10:19 WIB
Flayer Lebaran Depok.

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Depok) kembali menggelar pesta rakyat Lebaran Depok, yang mengangkat ritual hingga tradisi atau kebiasaan orang Depok dalam mempersiapkan diri di Hari Raya Idulfitri.

Perhelatan akbar ini akan digelar dari tanggal 17-20 Mei 2023, mulai pukul 08.00-22.00 WB di Perumahan Garden at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari.

Ketua Pelaksana Lebaran Depok 2023, Abdul Rahman mengatakan, rangkaian acara Lebaran Depok diawali dengan tradisi Ngubek Empang dan Nyedengin Baju pada tanggal 17 Mei. Sekaligus pembukaan acara oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

"Secara garis besar pada hari pertama akan ada tradisi Nyedengin Baju dan pemutaran video Ngubek Empang. Selanjutnya, akan diisi dengan fashion show dan beberapa penampilan dari sanggar tari," tutur Abra, sapaannya, saat ditemui berita.depok.go.id, Minggu (14/05/23).

Abra menjelaskan, acara Ngubek Empang sendiri diadakan sebelum pembukaan Lebaran Depok, yaitu pada tanggal 15 Mei di Pemancingan Telaga, Kecamatan Bojongsari. 

Selanjutnya pada tanggal 18 Mei akan ada Pemotongan Kebo Andil yang akan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri. Ada beberapa penampilan dan parade pada hari kedua ini.

"Kita pakai dua panggung, ada panggung utama dan panggung tambahan. Ada musik, gambang kromong dan lainnya," ujar dia.

Pada 19 Mei akan ada Pasar Penghabisan yang akan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. Kegiatannya diisi dengan Festival Berebut Dandang, sejumlah lomba dan penampilan lainnya.

"Ada lomba Numbuk Uli, Nganam Ketupat dan penampilan tari dan silat dari beberapa kecamatan," kata Abra.

Pada hari terakhir yakni tanggal 20 Mei, sambungnya, menjadi puncak acara Lebaran Depok 2023, akan ada arak-arakan dari setiap kecamatan, Perangkat Daerah (PD) dan warga masyarakat. Sekaligus akan ditutup oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

"Alhamdulillah Lebaran Depok kali ini, animonya luar biasa dari masyarakat banyak sanggar dan komunitas yang mendaftar untuk mengisi acara Lebaran Depok," katanya.

"Kami juga menyediakan 300 stan atau tenda untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Wirausaha Baru (WUB) dan beberapa komunitas," ungkap Abra.

Sementara itu, Ketua Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD), Ahmad Dahlan menambahkan, ada yang berbeda Lebaran Depok 2023 dari tahun sebelumnya. Yaitu, adanya tradisi Ngubek Empang dan Nyedengin Baju.

Baba Dahlan, sapaannya, menjelaskan, tujuan dilaksanakan tradisi Ngubek Empang untuk mengenalkan kebiasaan orang Betawi Depok dalam persiapan Hari Raya Idulfitri.

"Jadi ada beberapa orang yang dalam setahun sebelum lebaran, sudah mengumpulkan ikan di satu empang, nanti pas menjelang lebaran ngubek rame-rame, ikannya dibagi rata untuk persiapan lauk hari raya," terang dia.

Lalu, tradisi Nyedengin Baju, pada zaman dulu orang Depok beli baju setahun sekali, biasanya anak-anak sebelum beli baju diukur pundaknya oleh orang tuanya menggunakan tali rafia sebagai tanda ukuran baju yang akan dibeli.

Biasanya orang tua membeli baju kedombrongan atau kebesaran, agar bisa dipakai di tahun-tahun mendatang.

"Kami ingin Pak Wali Kota tahun ini bisa mengukur baju cucunya. Dulu orang tua sulit memberikan baju untuk anaknya, sengaja dibelikan lebih besar dari badan si anak," tutup Baba Dahlan. (JD 09/ED 02/EUD 04)