Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Camat Cipayung Ingin IPSI Wilayahnya Adakan Kompetisi Pencak Silat

JD 05 - berita depok
Selasa, 9 Januari 2024, 22:52 WIB
Foto: Dokumentasi Kecamatan Cipayung. Camat Cipayung Hasan Nurdin bersama Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia Kecamatan Cipayung periode 2023-2027 usai pelantikan akhir tahun lalu.

berita.depok.go.id - Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kecamatan Cipayung periode 2023-2027 resmi dilantik, akhir Desember kemarin.

Camat Cipayung, Hasan Nurdin mendorong agar seni bela diri pencak silat digemari semua elemen masyarakat, terutama anak usia dini.

Oleh sebab itu, Hasan ingin pengurus IPSI Kecamatan Cipayung yang baru dilantik dapat merumuskan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan seni budaya tersebut.

"Saya ingin pengurus IPSI Cipayung bisa segera laksanakan perencanaan kegiatan, di tahun ini juga inginnya ada kompetisi pertandingan antar sanggar silat," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (09/01/24).

Dikatakannya, pencak silat merupakan warisan budaya dan menjadi jati diri bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pencak silat harus diajarkan sejak usia dini kepada generasi muda demi menjaga kelestarian pencak silat.

"Sanggar pencak silat sudah tersebar di lima kelurahan, masing-masing kelurahan ada dua sanggar. Jadi bagus kalau anak-anak dilatih supaya makin bertambah banyak penerusnya," kata Hasan.

Tidak hanya anak-anak, lanjutnya, orang dewasa juga masih banyak yang menyukai seni bela diri asli dalam negeri tersebut. Setiap kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan, sanggar-sanggar diberdayakan untuk mengisi acara.

"Selain pencak silat sanggar itu juga ada budayanya yaitu palang pintu, kami berdayakan mereka untuk menyambut tamu kehormatan dalam acara-acara penting," pungkasnya. (JD 05/ED 02)