Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Berhasil Kendalikan Laju Inflasi, Kota Depok Sabet Penghargaan Ajeg dan Pinunjul dari Jabar

JD 08 - berita depok
Kamis, 30 November 2023, 15:16 WIB
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (kiri) bersama Kepala BKD Kota Depok Wahid Suryono menerima dua penghargaan sekaligus, yakni Terbaik II Apresiasi Jawara Ekonomi Digital (AJEG) dan Terbaik II Program Inflasi Unggul Juara Lahir dan Batin (Pinunjul), Kategori Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jabar, Rabu (29/11/23). (Foto: dok.BKD)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Terbaik II Apresiasi Jawara Ekonomi Digital (AJEG) dan Terbaik II Program Inflasi Unggul Juara Lahir dan Batin (Pinunjul), Kategori Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jabar.

Kedua penghargaan diserahkan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Taufik Budi Santoso kepada Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) Tahun 2023 di Bale Pasundan BI, Bandung, Rabu (29/11/23).

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyebut, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah kabupaten/kota se-Jabar yang telah berhasil melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital. Serta mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat.

"Sedangkan untuk Penghargaan Pinunjul, juga merupakan apresiasi untuk kabupaten/kota yang telah berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengendalian inflasi. Penghargaan ini membuktikan bahwa Kota Depok dapat ikut serta mengendalikan inflasi," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (30/11/23).

Dijelaskannya, Kota Depok sebelumnya meraih Terbaik II AJEG Tahun 2022 dan Terbaik III PINUNJUL Tahun 2022.

"Untuk Pinunjul ada peningkatan, dari tahun 2022 terbaik III menjadi Terbaik II di tahun 2023. Sementara untuk AJEG, masih sama posisinya juara bertahan Terbaik II sejak tahun 2022," jelasnya.

Bang Imam, sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyebut, Pemkot Depok berhasil mengendalikan laju inflasi melalui berbagai upaya.

Di antaranya mengendalikan harga komoditas bahan pangan seperti, cabai, telur, beras, minyak goreng, terigu, daging, ayam dan lain lain. Kemudian, dapat menjaga ketersediaan barang-barang kebutuhan, antara permintaan dan stok aman.

"Kepercayaan para pelaku ekonomi juga berpengaruh terhadap faktor persepsi dan harapan masyarakat, sehingga menjaga iklim investasi yang aman. Uang yang beredar di Depok cukup baik dan aman," ucapnya.

"Untuk itu saya Imam Budi Hartono Wakil Wali Kota Depok mengajak masyarakat untuk terus menjaga iklim ini. Tak ada aksi borong barang di akhir tahun. Bahkan menimbun barang," sambungnya.

"Jika ada yang melakukan, bisa laporkan ke kami atau pihak kepolisian," tambah Bang Imam.

Untuk diketahui, penghargaan AJEG merupakan bentuk apresiasi BI kepada pemerintah daerah yang telah melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital. Serta dalam upaya mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat, dan pengendalian inflasi terbaik.

Sedangkan Penghargaan Pinunjul diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemprov Jabar kepada pemerintah daerah yang sudah berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengendalian inflasi. (JD 08/ED 02)