Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

BBI Pilih Cupang Alam karena Mudah Dibudidayakan

admin - berita depok
Senin, 15 Juli 2019, 14:51 WIB
Maju

Gambar ilustrasi. (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Banyaknya keunggulan yang dimiliki ikan cupang alam, membuat Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok tertarik untuk mengembangbiakkan ikan tersebut. Terlebih, ada bantuan dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) menambah dukungan dan semangat untuk mengembangbiakkan cupang alam tersebut.

“Banyak keunggulan yang ada pada ikan cupang berukuran 3-5 cm. Salah satunya harga indukan cupang alam sepasang, yang bisa mencapai Rp 300 ribu,” ujar Kepala BBI Kota Depok, M. Nur Hidayat, di ruang kerjanya, Senin (01/07/2019).

Dijelaskannya, ciri menonjol dari ikan yang gerakannya agresif ini adalah, warnanya yang menarik dan indah dengan sirip yang lebar. Popularitas ikan cupang, kata Nur, kian berkilau seiring dengan semakin beragamnya corak ikan cupang.

“Pasar ikan cupang tidak seperti ikan hias lainnya, yang naik turun sesuai tren selera peminat ikan hias,” ucapnya.

Nur juga mengatakan, pembudidaya ikan cupang bisa memiliki kesempatan untuk menjadi produsen ikan cupang ke berbagai negara peminat. Seperti ikan cupang hias jenis serit (crown tail) yang banyak diburu oleh konsumen dari Asia, Amerika Serikat dan Kanada.

“Popularitas ikan cupang tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, kami dari BBI sedang menyiapkan sarana dan prasarana penunjang, untuk budi daya ikan hias jenis cupang alam. Mudah-mudahan minggu-minggu ini dapat segera terlaksana,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo