Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bawa Robot Canggih ke ICE APEKSI XVI, Kota Depok Promosikan Metode Pendidikan STEAM

JD 05 - berita depok
Jumat, 14 Juli 2023, 20:10 WIB
Foto: JD 01/Diskominfo Pelajar Madrasah Teknonatura mengenalkan cara kerja robotnya dan pendidikan metode STEAM ke pengunjung Indonesia City Expo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (14/07/23).

berita.depok.go.id - Ada hal yang berbeda pada gelaran Indonesia City Expo (ICE) 2023 Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI, 11-14 Juli 2023 di Kota Makassar Sulawesi Selatan. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membawa robot canggih milik Madrasah Teknonatura untuk ditampilkan kepada masyarakat Makassar dan kota lainnya.

Pada acara tersebut, siswa Madrasah Teknonatura Muhammad Taufiq dan Kepala Madrasah Ari Hatta mempromosikan pendidikan metode Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic atau STEM kepada pengunjung ICE.

Mereka berperan sebagai perwakilan Kota Depok dalam menampilkan pendidikan kreatif yang dijalankan di kota bertajuk Sejuta Maulid ini. Serta mendukung Depok sebagai daerah perwakilan Indonesia dalam pemilihan Kota Kreatif UNESCO.

"Alhamdulillah kami ditunjuk Pemkot Depok untuk hadir dan mempresentasikan kegiatan edukasi Robotic dan STEAM, kami berbagi informasi kepada pengunjung terkait upaya yang dilakukan kami sebagai tim Indonesia R2045, memenangkan penghargaan kompetisi tingkat internasional," ujar Ari Hatta kepada berita.depok.go.id, Jumat (14/07/23).

Adapun penghargaan yang Tim Indonesia R2045 sudah raih adalah X-PRIZE, Innovator Award, New Technology Experience: Carbon Countermeasures, serta Katherine Johnson Award for Engineering Documentation, di samping Social Media award dan Safety Award tahun lalu diajang FGC, GENEVA, SWITZERLAND, 2022.

Di sela-sela acara ICE, Tim Indonesia R2045 (Madrasah Teknonatura) juga mengajak pemerintah kota lainnya untuk mulai membangun dan menerapkan pendidikan dengan pendekatan STEAM.

Sebab, keberhasilan generasi muda dalam memilih bidang STEAM akan sangat menentukan posisi suatu negara dalam peradaban dunia masa depan. 

Menurutnya, ekosistem yang terbentuk dari industri, pemerintah, lembaga penelitian, kampus, sekolah, mahasiswa dan masyarakat luas menyiratkan keseriusan suatu bangsa, yang semakin meningkat dalam penguasaan kompetensi atau keterampilan abad 21.

"Kesiapan mereka untuk menumbuhkan next inventors, the next Steve Jobs, Tesla berikutnya, dan lainnya yang membuat ekonomi negara kuat dan menjadi pemimpin masa depan," ujarnya.

Dikatakan Ari, kompetisi robotik bergengsi tingkat Internasional, yaitu FIRST Tech Challenge akan diadakan di Kota Depok pada 2024.

Guna menyukseskan acara tersebut, pihaknya tengah berupaya menyebarkan nilai-nilai FIRST dan mengundang banyak Wali Kota di Indonesia untuk membentuk tim FTC di sekolah dan mengikuti First FIRST Tech Challenge 2024.

"Kompetisi robot FTC FIRST Tech Challenge mengajak anak sekolah Indonesia usia 12-18 tahun untuk terlibat aktif dalam mengembangkan keterampilan abad 21, memberikan solusi kreatif, pemecahan masalah dan berkolaborasi. Serta berkompetisi dalam permainan robot yang menarik dan menantang," tuturnya.

Terpilihnya Kota Depok sebagai wilayah perwakilan Indonesia dalam ajang pemilihan Kota Kreatif UNESCO bidang seni media, Teknonatura bersama Pemkot Depok dan IFR bakal berkolaborasi dalam mengadakan kegiatan kompetisi robot dunia. (JD 05/ED 02/EUD 04)