Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bank Sampah Mutiara Berkah Salurkan Infaq Senilai Rp 11 Juta

JD 08 - berita depok
Jumat, 29 Maret 2024, 19:50 WIB
Pengurus Bank Sampah Mutiara Berkah beserta Ketua RW 13 Manto (tengah) memberikan infaq sampah di Balai RW 13 Perumahan Mutiara Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya, Jumat (29/03/24). (Foto:Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pengurus Bank Sampah Mutiara Berkah yang ada di Perumahan Mutiara Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya, menyalurkan infaq sampah untuk petugas kebersihan. Tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai Rp11 juta.

"Alhamdulillah sudah kami salurkan infaq sampah warga, yang terkumpul dari bulan Juni 2023 hingga Maret 2024 sebesar Rp11 juta. Infaq ini kami berikan kepada 13 petugas kebersihan di lingkungan Perumahan Mutiara," kata Direktur Bank Sampah Mutiara Berkah Desi Fabiola, usai membagikan infaq sampah di Balai RW 13 Perumahan Mutiara Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya, Jumat (29/03/24).

Dikatakannya, jika diakumulasi, nilainya sama dengan 7,3 ton sampah. Ia pun berharap, kesadaran masyarakat terus meningkat. Sehingga sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung bisa ditekan semaksimal mungkin.

"Kami juga berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Bank Sampah unit bisa terus berkolaborasi untuk menuntaskan masalah sampah. Bank Sampah Induk harus lebih dioptimalkan lagi," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 13 Perumahan Mutiara, Manto mengatakan, keberadaan Bank Sampah membantu program pemerintah dalam pengurangan sampah. Dari 450 Kepala Keluarga (KK), 80 persen warga sudah aktif memilah.

"Kami tidak bosan-bosan memberikan edukasi dan mengajak warga untuk melakukan pilah sampah. Karena untuk menyelesaikan masalah ini, bisa dimulai dari unit terkecil, seperti rumah tangga," tuturnya.

"Mudah-mudahan semakin banyak warga yang sadar pentingnya memilah sampah," tutupnya. (JD 08/ED 02)