Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bang Imam Yakin Kasus Stunting di Depok Bisa Ditekan

JD 03 - berita depok
Kamis, 8 Juni 2023, 19:58 WIB
News
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono membuka Diseminasi AKS Semester 1 Tahun 2023 di Aula Bappeda Kota Depok, Kamis (8/06/23). (Foto : Diskominfo).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meyakini Kota Depok dapat menekan angka stunting atau gagal tumbuh pada anak. Kerja sama yang baik antar perangkat daerah (PD) serta stakeholder menjadi kuncinya.

"Hari ini Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok melakukan diseminasi audit kasus stunting (AKS). Banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting sehingga bisa semakin menekan angka stunting,"ucapnya kepada berita.depok.go.id saat membuka Diseminasi AKS Semester 1 Tahun 2023 di Aula Bappeda Kota Depok, Kamis (8/06/23).

Dikatakannya, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022, prevalensi stunting di Kota Depok sebesar 12,6 persen. Angka ini lebih rendah dibanding target nasional sebesar 14 persen pada tahun 2024. Hal itu berarti Pemkot Depok terus melakukan upaya percepatan dalam menekan angka stunting. 

"PD seperti Bappeda dan Dinkes sebagai leading sektor dalam penanganan stunting bersama perangkat daerah lainnya harus melakukan berbagai upaya. Sedangkan terkait intervensi sensitif atau hal-hal di luar kesehatan pendampingan keluarga risiko stunting oleh DP3AP2KB," jelasnya. 

Terakhir, Bang Imam sapaannya mengungkapkan, pihaknya akan terus mendorong berbagai langkah preventif. Misalnya dengan pemberian edukasi terkait pencegahan stunting sejak dini kepada para remaja, calon pengantin dan para ibu hamil. 

"Termasuk memberikan pendampingan kepada keluarga berisiko stunting. Salah satunya juga yang digelar hari ini dengan melakukan audit kasus stunting agar Kota Depok bebas dari stunting," tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 04)