Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bang Imam Ungkap Tiga Indikator Mengetahui Tingkat Kerukunan Umat Beragama

JD09 - berita depok
Senin, 26 September 2022, 22:44 WIB

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menjadi pembicara pada Seminar Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Kota Depok di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kamboja, Kecamatan Pancoran Mas pada Senin (26/09/22). 

Bang Imam pun menyampaikan materi dengan tema Mewujudkan Kebebasan dan Toleransi Umat Beragama di Kota Depok.

Bang Imam mengatakan, terdapat sejumlah hal terkait Konsep Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Menurutnya, Kemenag mempunyai parameter yang jelas dalam menentukan indeks KUB.

"Di antaranya, terdapat tiga indikator dalam KUB, yaitu toleransi, kesetaraan dan kerja sama," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai seminar.

Yang pertama, ujar dia, toleransi yaitu sikap saling menerima dan saling menghargai antara satu kelompok agama terhadap agama lain. Kedua, kesetaraan, maksudnya kemauan saling melindungi serta memberikan hak dan kesempatan satu sama lain dan ketiga, kerja sama, yakni bersosialisasi serta saling berempati dan bersimpati baik dalam persoalan sosial, ekonomi, budaya, maupun agama.

"Ukurannya jelas melalui ketiga indikator tersebut sebagai tolak ukur untuk mengetahui tingkat kerukunan umat beragama suatu masyarakat. Capaian pada tiga indikator tersebut juga sejalan dengan rencana strategis Kementerian," ujarnya.

Bang Imam menerangkan, penelitian ilmiah biasanya dibuat untuk melahirkan rekomendasi agar sesuatu yang tidak diharapkan dapat dimitigasi. Bukan untuk mengadu domba atau menjelek-jelekan.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok bekerja sama dengan Center For Election and Political Party (CEPP) FISIP UI terdapat tiga aspek yang menjadi alat ukur. Antara lain kerukunan umat seagama, kerukunan antar umat beragama, dan kerukunan antar suku, ras budaya dan etnis.

"Hasil penelitian tersebut menyebutkan Indeks Kerukunan Seagama mendapatkan skor 3.00 dari 4.00 atau cukup rukun," ujarnya.

"Indeks Kerukuan Antar Agama mendapatkan skor  3.09 dari 4.00 atau cukup rukun. Indeks Kerukunan Antar Ras, Suku dan Budaya mendapatkan skor 3.15 dari 4.00 atau cukup rukun," paparnya.

"Kita semua sepakat KUB di Kota Depok terjalin dengan baik," tandasnya. (JD09/ED02/EUD02)