Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bang Imam Sebut Hantaru 2023 Jadi Momen BPN Tingkatkan Layanan dan Tranformasi Digital

JD09 - berita depok
Senin, 25 September 2023, 22:32 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mendorong Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyebutkan momen Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke-63 Tahun 2023, dapat dijadikan sebagai momen peningkatan layanan dan tranformasi digital terhadap data-data pertanahan.

"Pada momen ini BPN dapat memperbaiki sistem pertanahan di Indonesia agar lebih baik lagi, dari segi teknologi ataupun kemudahan kepemilikan sertifikat bagi masyarakat," kata Bang Imam, sapaan Wakil Wali Kota Depok, usai menjadi Inspektur Upacara Hantaru 2023 di Kantor BPN Depok, Senin (25/09/23).

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menganggap kinerja BPN Depok sudah sangat baik. Bahkan, pihaknya sangat bersyukur selama ini BPN Kota Depok selalu membantu warga yang ini mendaftarkan tanahnya dan ingin mendapatkan sertifikat.

Selanjutnya, Pemkot Depok akan terus bersinergi dan bekerja sama dengan BPN Kota Depok. Khususnya untuk menyelesaikan ribuan aset milik Pemkot Depok.

"Ini merupakan program rutin tahunan yang juga dievaluasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tahun ini jumlahnya sudah 200 aset yang disertifikasi. Membanggakan sekali," ungkap Bang Imam.

Sementara itu, Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan menambahkan, program sertifikat elektronik untuk saat ini sedang dilakukan uji coba pada aset-aset milik Kementerian ATR/BPN. Selanjutnya, mungkin ke instansi vertikal dan pemerintah daerah, setelah itu ke masyarakat. 

"Kalau instansi vertikal dan Pemda sudah dimulai sebagian. Kalau untuk masyarakat, kami masih menunggu arahan kementerian pusat," katanya.

"Untuk tahapan atau prosedur sama saja dengan sertifikat biasa, hanya bentuknya saja. Kalau sebelumnya, masyarakat pegang sertifikat yang bentuknya paper, sekarang bentuk fisiknya sudah agak berbeda," tutup Indra. (JD 09/ED 02)