Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Bang Imam: KOOD Jadi Garda Terdepan Tangkal Budaya Luar Masuk ke Kota Depok

JD 08 - berita depok
Minggu, 2 Oktober 2022, 14:54 WIB
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memberikan sambutan dalam kegiatan puncak hari jadi KOOD ke-22 di Rumah Budaya Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (02/10/22).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, budaya merupakan jati diri bangsa, sehingga harus terus dilestarikan oleh semua pihak. Demikian disampaikan oleh Bang Imam, sapaannya, saat menghadiri sekaligus memberikan sambutan saat puncak Milad ke-22 Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) di Rumah Budaya Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (02/10/22).

"Kita perlu membangun budaya bersama-sama karena budaya adalah jati diri bangsa. Maka harus terus dilestarikan sebagai warisan dunia," kata Bang Imam, sapaannya.

Bang Imam menjelaskan, saat ini sedang terjadi krisis identitas nasional, karena gobalisasi masuk lebih cepat. Akibatnya budaya asing banyak mempengaruhi kultur yang sudah terbentuk di budaya timur.

"Kehadiran KOOD dapat menjadi garda terdepan menangkal budaya luar masuk ke Indonesia, khususnya Kota Depok," ujarnya. 

"Kemajemukan ini harus diperkuat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera," ungkap Bang Imam.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KOOD Ahmad Dahlan mengatakan, hari jadi KOOD dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, tasyakuran, parade mawalan (rebana), pentas budaya, tarian, lenong bocah, gambang kromong dan lain-lain.

"Kota Depok tidak lepas dari budaya Sunda, budaya Betawi dan budaya lainnya. Ini harus kita lestarikan agar bisa menjadi warisan bagi anak cucu di masa mendatang," tutupnya. (JD08/ED02/EUD02)