Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Asisten Ekbang Ajak Warga Kurangi Sampah Demi Kota Depok yang Bersih

JD10 - berita depok
Kamis, 22 September 2022, 14:46 WIB

berita.depok.go.id - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Sidik Mulyono mengajak warga mengurangi sampah demi mewujudkan Kota Depok yang bersih. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pencanangan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2022 di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, hari ini.

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih lingkungan jika dilakukan setiap hari tidak akan membuat Kota Depok menjadi bersih, kalau warganya masih menciptakan sampah. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengurangi produksi sampah.

"Seperti yang saya sekarang lakukan saat makan di kantor menggunakan lunch box. Jadi tidak menggunakan pembungkus jika beli makan dari luar," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (22/09/22)

Selanjutnya, melakukan pemilahan sampah rumah tangga dengan membedakan antara sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik bisa didaur ulang dengan metode Reuse, Reduce, dan Recycle (3R).

"Dengan melakukan 3R sampah ini bisa diubah menjadi barang yang bermanfaat dan menghasilkan uang," katanya.

Dirinya juga mengapresiasi atas digelarnya kegiatan WCD tingkat kota tahun ini. Diharapkan, melalui kegiatan ini, bisa mewujudkan Kota Depok yang nyaman.

"Semoga dengan aktivitas ini sebagai suatu gebrakan kegiatan bersih-bersih di Kota Depok dan bisa diaplikasikan ke masyarakat lain agar terus bersama untuk membangun kesadaran terhadap sampah itu sendiri," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)