Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Army Goes To School Kodim Depok Sambangi 25 SMA/SMA, Kenalkan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

JD 05 - berita depok
Kamis, 25 Mei 2023, 18:49 WIB
Foto: Istimewa Danramil 05/Sawangan Kapten Inf Sumarno memberikan sosialisasi tentang bela negara dan wawasan kebangsaan kepada pelajar di SMK Negeri 2 Depok, Kecamatan Sawangan, belum lama ini.

berita.depok.go.id - Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok menyambangi 25 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat untuk mengenalkan nilai-nilai bela negara dan wawasan kebangsaan melalui program Army Goes To School.

Pasiter Kodim 0508/Depok, Kapten Infanteri (Inf.) Ibrahim menjelaskan, kegiatan yang sudah berjalan sejak pekan lalu ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, bela negara, dan wawasan kebangsaan kepada generasi penerus masa depan.

"Hal itu agar setelah lulus sekolah, siswa sudah memiliki jiwa bela negara dan wawasan kebangsaan untuk bekal mereka di masa depan," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (25/05/23).

Army Goes To School merupakan program yang digagas Pangdam Jaya Mayjen, Untung Budiharto. Setiap Komandan Koramil (Danramil) di wilayah kerjanya bertugas untuk mendatangi SMA-SMA untuk menyosialisasikan program tersebut.

Kapten Inf Ibrahim menuturkan, tugas seorang pelajar untuk membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah dengan cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta yakin dengan Pancasila.

"Tugas pelajar adalah belajar, datang tepat waktu ke sekolah, taat dan patuh aturan sekolah, tidak terlambat datang upacara, ikut organisasi, dan lain sebagainya," tuturnya.

Selain menyampaikan nilai-nilai bela negara dan wawasan kebangsaan, personel Kodim Depok juga memberikan edukasi kepada pelajar menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pelajar jenjang SMA/SMK ini akan menjadi pemilih pemula di Pemilu 2024. Oleh karena itu, kami berikan pengarahan menyikapi pemilu tersebut," pungkasnya. (JD 05/ED 02/ EUD 04)