Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Antisipasi Perubahan Iklim, Kodim dan Pemkot Depok Tanam Bawang Merah

JD 05 - berita depok
Senin, 10 Juni 2024, 19:51 WIB
Foto: JD 05/Diskominfo. Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (tengah), Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto (kiri) dan Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya Perdana (kanan) melakukan penanaman bibit bawang merah di lahan yang berlokasi di Jalan Ir. Juanda, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (06/06/24).

berita.depok.go.id - Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan stakeholder wilayah berupaya mengantisipasi perubahan iklim dengan cara menanam bercocok tanam dengan metode urban farming, di Jalan Ir. Juanda, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Infanteri (Inf) Iman Widhiarto mengatakan, pihaknya menanam bibit bawang merah di atas lahan ratusan meter persegi. Bibit tersebut didatangkan langsung dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Selama ini yang jadi pemantauan fluktuasi harga kan cabai dan bawang, harusnya padi cuma membutuhkan lahan yang luas, untuk di perkotaan seperti di Depok ini tidak efektif dan efisien ketika kita menanam padi costnya terlalu tinggi tetapi hasilnya tidak maksimal," katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (10/06/24).

Selain bertugas menjaga ketahanan negara, ujar dia, TNI AD juga membantu pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional. Karena lahan di Kota Depok minim untuk pertanian, maka alternatifnya pakai metode urban farming.

Bibit bawang merah ini, lanjut Kolonel Inf Iman diperkirakan panen dua bulan ke depan. Dia berharap, kelak bibit ini akan tumbuh dengan sempurna.

"Ini pertama kalinya kami tanam bawang semoga jadi dan bisa bermanfaat hasilnya nanti," tandasnya.

 Sebagai informasi, penanaman bibit pohon ini juga dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya Perdana, dan kepala perangkat daerah. (JD 05/ED 02)