Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Posko Taktis Respons Cepat Bencana Alam

admin - berita depok
Kamis, 9 Januari 2020, 20:18 WIB

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo (paling kanan). (Foto: Istimewa)

depok.go.id-Demi kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem, Kota Depok akan membangun posko taktis untuk merespons adanya bencana alam secara cepat dan tepat. Posko tersebut menjadi masukan yang diberikan Badan SAR Nasional (Basarnas) saat Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mengikuti rapat koordinasi penanggulangan bencana, belum lama ini.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, berdasarkan evaluasi operasi SAR musibah banjir DKI Jakarta dan sekitarnya, perlu suatu respons cepat dan tepat dalam menangani bencana. Terutama terhadap wilayah yang terdampak bencana alam.

“Basarnas memberi masukan kepada Kota Depok agar memiliki posko taktis. Dengan posko itu kita bisa cepat melakukan aksi dalam penanganan bencana," kata Denny kepada berita.depok.go.id di ruang kerjanya, Kamis (09/01/20).

Menurutnya, posko taktis di Depok nantinya akan didirikan di Markas Komando (Mako) Kota Kembang Dinas Damkar dan Penyelamatan Depok di Cilodong. Dengan adanya Posko ini diharapkan jika terjadi bencana, tim rescue akan lebih cepat dalam memberikan penanganan.

“Posko tanggap darurat Kota Depok akan bergabung dengan Mako Damkar. Semoga dengan ini berbagai bencana di Depok dapat segera teratasi,” tandasnya. (JD 06/ ED 02/EUD02 )