Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Antisipasi Banjir, DPUPR Depok Normalisasi Kali dan Situ

JD 08 - berita depok
Kamis, 7 Januari 2021, 11:42 WIB

Satgas DPUPR Kota Depok saat melakukan normalisasi Kali Gendong di Kecamatan Cimanggis. (Istimewa)

berita.depok.go.id- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus melakukan normalisasi terhadap situ dan kali. Kegiatan ini dilakukan agar fungsi penyerapan airnya bisa lebih maksimal sehingga tidak terjadi luapan ketika hujan.

"Untuk yang menggunakan alat berat ada di empat titik. Seperti di Kali Grogol, Saluran Irigasi Kelurahan Curug dan dua titik berada di Situ Pengarengan,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Denny Setiawan, di Balai Kota, Kamis (07/01/21).

Dijelaskannya, alat berat yang digunakan berupa dua Ampibi, Spider Mini dan Truxor. Selain empat lokasi tersebut, kata Denny, Satuan Tugas (Satgas) juga menyebar di titik lainnya, namun tidak menggunakan alat berat.

“Satgas melakukan normalisasi di 11 titik lainnya. Biasanya pekerjaan yang dilakukan yaitu pengangkatan sampah dan normalisasi saluran inlet ataupun outlet,” terangnya.

Dirinya berharap, upaya tersebut bisa mengambalikan fungsi situ dan saluran irigasi sebagai penampungan dan aliran air.

“Mudah-mudahan fungsi situ dan saluran irigasi kembali normal, sehingga antisipasi yang dilakukan ini bisa bermanfaat, terlebih di musim penghujan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)