Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Adujak 2022, Bukti Pemkot Depok Wadahi Kreativitas Remaja

JD 05 - berita depok
Sabtu, 1 Oktober 2022, 16:52 WIB
News
Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari menghadiri Adujak 2022, di Atrium Mal Pesona Square, Sabtu (01/10/22). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, Apresiasi Duta GenRe dan Ajang Kreativitas (Adujak) Remaja Kota Depok 2022 tidak hanya sekedar lomba. Namun, sebagai langkah nyata dalam mewadahi kreativitas remaja di Kota Depok agar memiliki kehidupan yang lebih terencana untuk masa depan.

Nessi mengungkapkan, dari 2,3 juta penduduk Kota Depok, 500.000 di antaranya adalah remaja. Hal ini menjadi potensi yang besar bagi Kota Depok dalam menciptakan remaja yang sehat dan berintegritas sebagai generasi penerus bangsa.

"Saya sangat apresiasi Forum Generasi Berencana (GenRe) dan DP3AP2KB yang telah menyelenggarakan Adujak 2022, semoga lahir Duta GenRe dan PIK-R terbaik Kota Depok yang bisa memberikan pembinaan kepada remaja-remaja di Depok," ujarnya saat membuka Lomba Adujak 2022, di Atrium Mal Pesona Square, Sabtu (01/10/22).

Nessi menjelaskan, Pemerintah Kota Depok sangat konsen terhadap pengembangan potensi remajanya melalui program GenRe. Program ini dikembangkan khusus bagi remaja dalam rangka menyiapkan kehidupan berkualitas.

"Program ini fokus mengendepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, dan Napza," terangnya.

Program ini, imbuhnya, juga merupakan sebuah upaya untuk menjadikan remaja tangguh, dapat berkontribusi dalam pembangunan, serta berguna bagi nusa bangsa. Sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah dengan penuh perencanaan.

"Oleh karena itu, program GenRe di Kota Depok merupakan program yang dikembangkan khusus bagi remaja dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, hal tersebut selaras dengan program unggulan Depok Ramah Keluarga," jelasnya.

Lebih jauh, dikatakannya, guna mendukung program pemberdayaan remaja, saat ini sudah ada 127 Pusat Informasi Konseling dan Remaja (PIK-R) di 927 RW di Kota Depok. Wadah ini untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi bagi remaja serta program GenRe, sebab figur motivatornya berasal dari Duta-Duta GenRe di masing-masing kecamatan.

"Kami berharap kecamatan agar lebih perhatian dan mendukung Forum GenRe di wilayahnya masing-masing, sehingga remaja GenRe Kota Depok menjadi generasi yang tangguh, mandiri, dan inovatif," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)