Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

30 Kg Sampah Diangkut dari Situ Tujuh Muara

JD10 - berita depok
Senin, 3 Oktober 2022, 17:27 WIB
Warga RW 14 Bojongsari saat melakukan Gerakan Masyarakat Membersihkan Situ (GEMES) di SItu Tujuh Muara. (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Rukun Warga (RW) 14 Kelurahan/Kecamatan Bojongsari sukses menggelar Gerakan Masyarakat Bersihkan Situ (Gemes) di Situ Tujuh Muara, Minggu (02/10) kemarin. Sebanyak 30 kilogram (kg) sampah berhasil diangkut dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kesadaran kepada pengunjung terkait kebersihan di area situ," kata Ketua RW 14, Daud Sulaeman kepada berita.depok.go.id, Senin (03/09/22).

Dirinya mengatakan, sampah yang dibersihkan terdiri dari berbagai jenis. Seperti, tanaman eceng gondok, potongan-potongan bambu, tanaman liar dan sampah botol, plastik.

"Setelahnya, sampah-sampah tersebut dibawa oleh mobil Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," tuturnya.

Selain masyarakat sekitar, ujar dia, kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan beberapa elemen masyarakat. Antara lain, Ikatan Remaja Bersudara (IRDA) RW 14, Karang Taruna, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok Kerja (POKJA) Situ Tujuh Muara.

"Kami juga berkolaborasi dengan mahasiswa dari Universitas Indonesia dan Universitas islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta," jelasnya.

Dirinya pun berharap melalui kegiatan ini bisa mengajak masyarakat untuk menjaga kebesihan.m, sehingga Tujuh Sapta Pesona bisa tercipta. Yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan, di Situ Tujuh Muara.

"Karena kebersihan dan kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama," tutupnya. (JD 10/ ED02/EUD02)