Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

14 Dokter Umum Puskesmas Ikuti Pelatihan USG Kebidanan Dasar

JD 12 - berita depok
Rabu, 7 Juni 2023, 21:44 WIB
News
Instruktur pelatihan dr Adi Sukrisno, SpOG, yang juga dosen FK UPN “Veteran” Jakarta saat memberikan materi pelatihan tentang USG kebidanan dasar di Puskesmas Limo, Rabu (07/06/23). (Foto: Dokumentasi Dinkes Kota Depok).

berita.depok.go.id - Sebanyak 14 dokter umum yang bertugas di 13 Puskesmas di Kota Depok mengikuti pelatihan Ultrasonografi (USG) kebidanan dasar. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, beberapa waktu lalu.

Belasan dokter ini berasal dari Puskesmas Limo sebanyak dua dokter, Puskesmas Depok Jaya, Puskesmas Beji, Puskesmas Duren Seribu, Puskesmas Baktijaya, Puskesmas Cilodong, dan Puskesmas Tanah Baru masing-masing satu dokter.

Kemudian, Puskesmas Sukamaju Baru, Puskesmas Tapos, Puskesmas Rangkapan Jaya, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Sukmajaya dan Puskesmas Cinangka masing-masing satu dokter.

"Kegiatan hari ini adalah pelatihan USG kebidanan dasar bagi dokter umum Puskesmas. Pelatihan langsung praktik menggunakan USG yang sudah tersedia di Puskesmas," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, kepada berita.depok.go.id, Rabu (07/06/23).

Dirinya mengatakan, pelatihan ini merupakan tahap pertama. Pelatihan tahap berikutnya akan diadakan untuk para dokter umum di puskesmas lainnya.

"Diharapkan pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan pelayanan Puskesmas untuk deteksi dini kelainan kehamilan dan kanker payudara yang bermuara pada peningkatan derajat kesehatan ibu di Kota Depok" tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD 04)