Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

10 Start Up Lolos Tahap Awal Kompetisi Depok Free Stunting 2022

JD 05 - berita depok
Kamis, 1 Desember 2022, 21:21 WIB
Seleksi penilaian kompetisi Depok Free Stunting 2022, di Kode Creative Hub Depok Town Square, Margonda, Selasa (29/11/2022). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kompetisi Depok Free Stunting 2022 besutan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok masuk babak selanjutnya. Sebanyak 10 Start Up lolos di tahap awal, dan kini mulai dinilai oleh tim juri dalam perlombaan.

Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menjelaskan, dari 19 start up yang mendaftarkan diri, 10 di antaranya lolos seleksi tahap pertama. Kompetisi Depok Free Stunting 2022 merupakan ajang pencarian inovator untuk membantu pemerintah dalam mengintervensi kasus stunting di Kota Depok.

"Start Up Stunting ini baru pertama di Indonesia, karena Depok sudah terbuka soal IT maka hal ini semakin dipermudah. Banyak anak-anak Depok yang fokus pada bidang start up dan itu harus diberdayakan," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (01/12/2022).

Dikatakan Dadang, start up identik dengan perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi dan bisnis. Namun ternyata ada juga yang fokus pada bidang kesehatan dan sosial.

Dia menuturkan, pemerintahan membutuhkan sentuhan baru dalam mengintervensi program stunting, salah satunya melalui bantuan start up. Melalui kompetisi ini yang diharapkan memunculkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menemukan solusi, inovasi, rekomendasi terbaik dalam menurunkan isu stunting melalui digital dan sosial.

"Dari hasil pemilihan start up stunting yang terbaik, dapat kita manfaatkan baik untuk pendampingan, pemantauan maupun edukasi. Karena secara data stunting bukan hanya disebabkan keluarga yang kurang mampu," kata Dadang.

Menurutnya, 10 start up yang mengikuti seleksi lanjutan di antaranya, Botika, Gizi Nusantara, ATM Sehat, Nayz Sereal dan Doctor Tools. Kemudian Si Melon, Saga Sehat, Sakti, Dijaga serta Inutrilite.

"Kami akan pilih tiga pemenang yang dapat diaplikasikan di Kota Depok dalam rangka penanganan stunting. Targetnya zero new stunting untuk tahun 2024/2025," tandasnya. (Mg02/JD 05/ED02/EUD02)